xOeSJZwEqEHxAtyEgOy1ztCUdVCJP06QsbYigFCu
Bookmark

Stuctural or Non Structural Leadership


Judul Buku : Strucural or/ Non Structural Leadership
Penulis        : Ricky Arnold Nggili
Penerbit       : Spasi Media - Jakarta
Halaman      : 141 Hal
Waktu terbit : Maret 2016
ISBN            : 978-602-6236-05-0 


Sinopsis :

Seringkali diri kita masih terjebak, dengan memposisikan pemimpin sebagai pemegang puncak struktural. Dan pandangan tersebut akan mengarah pada sikap meng-kambing hitamkan pemimpin yang menurut kita tidak berkontribusi dalam perubahan. Inilah kesalah pahaman dalam menempatkan cara pandang terhadap sosok pemimpin.
   Setiap orang merupakan pemimpin yang harus membawa perubahan bagi dirinya dan lingkungan. Kepemimpinan tidak berada diluar diri, namun berada didalam diri. Apabila setiap individu menyadari hal ini, dan berusaha untuk mengembangkan nilai kepemimpinan yang telah ada didalam dirinya, maka bangsa ini akan mengalami perubahan yang menuju pada cita-cita ideal. Cita-cita tersebut dapat terwujud, saat tiap individu mau untuk berkontribusi terhadap perubahan, dan tidak hanya diam untuk menunggu adanya perubahan. Individu-individu dibangsa ini siap menjadi pemimpin non-struktural, dalam mengisi kekosongan jiwa para pemimpin struktural yang terjebak dalam politik untuk mempertahankan kekuasaan.
   Ide dalam buku ini sangat sederhana, untuk menghantar pembaca dalam mengembangkan paradigma kepemimpinan. Berbagai teori kepemimpinan digunakan sebagai pengantar untuk memperluas wawasan pembaca. Setelah itu, penulis mendeskripsikan pemahaman tentang sikap pemimpin struktural dan non-struktural. Sikap-sikap ini dominan dilakukan oleh para pemimpin dimana saja. Berbagai contoh dilampirkan oleh penulis, untuk membantu pembaca agar lebih paham terhadap konteks dari ide dari buku ini. Pemimpin memiliki proporsi yang tepat dalam menjalankan fungsi manajerial, serta memastikan misi organisasi diterapkan oleh setiap orang dalam organisasi tersebut. Sedangkan pemimpin non struktural, tidak terjebak pada fungsi manajerial. Ia mampu melihat visi secara jelas, sehingga manajemen ekspektasi ditambahkan dengan panggilan pelayanan dikelolahnya secara matang dalam menuju pada visi tersebut. 
   Buku ini menjelaskan secara rinci teori tentang perkembangan teori kepemimpinan dan karakter dari para pemimpin. Setiap individu diyakini memiliki karakter tersebut. Sehingga dibutuhkan sebuah kesetimbangan dalam diri secara tepat dan efektif untuk memunculkan karakter permimpin yang berimplikasi pada terciptanya perubahan. Kepemimpinan struktural dan atau non struktural memiliki dampak terhadap organisasi dan masyarakat secara langsung. Baik itu dampak pengembangan SDM maupun dampak pada sistem kinerja organisasi/ institusi secara umum. Pemimpin struktural dalam kedudukannya sebagai pemegang kekuasaan puncak hirarki kepemimpinan, memastikan seluruh anggotanya tunduk dan bekerja sesuai dengan perencanaan program kerja. Sedangan pemimpin non struktural, yang tidak memiliki batas kaku dengan anggotanya, berperilaku sebagai rekan, sahabat, dan keluarga dalam menjalankan peran kepemimpinannya. Pada bagian lanjutan dari buku ini, menunjukan contoh-contoh konkret orang-orang yang menjalankan fungsi kepemimpinan dengan prestasi mereka masing-masing.    
   Karya ini dengan sengaja menempatkan sososk pemimpin sebagai sesuatu yang tidak diciptakan, namun dilahirkan kedalam dunia ini. Pemimpin lahir dari karakter yang ada dalam tiap-tiap diri manusia, dan bukan karena proses polesan posisi struktural atau kondisi politik tertentu. Struktural maupun non struktural hanyalah pilihan dari tiap individu dalam menjalankan panggilan kepemimpinannya.


Posting Komentar

Posting Komentar